Bank Sentral Eropa (ECB) menyetujui penyelidikan euro digital

Bank Sentral Eropa (ECB) menyetujui penyelidikan euro digital – Dewan Pengatur Bank Sentral Eropa (ECB) telah memutuskan hari ini untuk meluncurkan fase investigasi proyek euro digital. Menyusul keputusan tersebut, Presiden Eurogroup Paschal Donohoe bergabung dalam pertemuan tersebut, mengucapkan selamat kepada Dewan Pengurus dan menyatakan dukungan penuhnya untuk proyek tersebut.

Bank Sentral Eropa (ECB) menyetujui penyelidikan euro digital
Bank Sentral Eropa (ECB) menyetujui penyelidikan euro digital

Tahap investigasi akan berlangsung selama 24 bulan dan bertujuan untuk mengatasi isu-isu kunci mengenai desain dan distribusi. Euro digital harus dapat memenuhi kebutuhan orang Eropa sementara pada saat yang sama membantu mencegah kegiatan terlarang dan menghindari dampak yang tidak diinginkan pada stabilitas keuangan dan kebijakan moneter. Ini tidak akan mempengaruhi keputusan di masa depan tentang kemungkinan penerbitan euro digital, yang akan datang nanti. Bagaimanapun, euro digital akan melengkapi uang tunai, bukan menggantikannya.

Proyek ini juga akan menjelaskan perubahan kerangka legislatif Uni Eropa yang mungkin diperlukan dan didiskusikan dengan, dan diputuskan oleh, legislator Eropa. ECB akan terus terlibat dengan Parlemen Eropa dan pembuat kebijakan Eropa lainnya selama fase investigasi proyek.

Fase investigasi akan menilai kemungkinan dampak euro digital di pasar, mengidentifikasi opsi desain untuk memastikan privasi dan menghindari risiko bagi warga kawasan euro, perantara, dan ekonomi secara keseluruhan. Ini juga akan menentukan model bisnis untuk perantara yang diawasi dalam ekosistem euro digital.

Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan: “Sudah sembilan bulan sejak kami menerbitkan laporan kami tentang euro digital. Saat itu, kami telah melakukan analisis lebih lanjut, mencari masukan dari warga dan profesional, dan melakukan beberapa eksperimen dengan hasil yang menggembirakan. Semua ini telah membuat kami memutuskan untuk meningkatkan dan memulai proyek euro digital. Pekerjaan kami bertujuan untuk memastikan bahwa di era digital, warga dan perusahaan terus memiliki akses ke bentuk uang teraman, uang bank sentral”.

Baca Juga  [Update Karhutla] - Satgas Gabungan Ogan Ilir berhasil Padamkan 7 Ha Lahan Terbakar

Kami harap artikel ini membantu Anda Bank Sentral Eropa (ECB) menyetujui penyelidikan euro digital.

Jika Anda menyukai artikel ini atau ada yang ingin ditanyakan, silakan komentar dibawah. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.

Leave a Reply