Android 12 Beta 3 memiliki cara baru yang liar untuk menangani rotasi otomatis

Google merilis beta terbaru untuk Android 12 tepat sesuai jadwal. Beta 3 untuk Android 12 terus menambahkan fitur, termasuk menggulir tangkapan layar, pencarian universal di perangkat yang lebih cepat untuk aplikasi, rotasi otomatis yang ditingkatkan, dan banyak lagi. Google mengatakan versi Android 12 ini memiliki “API Android 12 dan SDK resmi,” yang berarti seharusnya tidak ada perubahan fitur utama dalam beta mendatang. Itu berarti Android 12 masih di jalur untuk rilis musim gugur.

Fitur baru yang paling menarik di Android 12 Beta 3 adalah “rotasi otomatis lebih baik, lebih cepat.” Google sekarang menggunakan kamera depan dan deteksi wajah untuk menentukan orientasi apa yang Anda coba pegang telepon (bukan hanya bergantung pada akselerometer).

“Ini sangat membantu bagi orang-orang yang menggunakan perangkat mereka sambil berbaring di sofa atau di tempat tidur,” tulis Dave Burke, Wakil Presiden bidang teknik untuk Android. Itu berarti Anda bisa berbaring miring di tempat tidur dengan telepon dalam posisi horizontal tetapi karena kamera dapat melihat wajah Anda juga horizontal, itu akan tetap dalam mode potret.

Burke dengan cepat menekankan bahwa deteksi wajah ini terjadi secara lokal di “Private Compute Core” Android 12, jadi gambar tidak pernah disimpan atau dikirim dari perangkat. Saat pertama kali melihat pratinjau Android 12, saya harus meluangkan sedikit waktu untuk menjelaskan apa itu Android Private Compute Core (APCC): area khusus dan aman dari sistem operasi untuk menjalankan algoritme yang mungkin berisi data sensitif.

Keunggulan APCC dalam pengumuman asli adalah petunjuk yang jelas bahwa Google bermaksud untuk membuat lebih banyak fitur Android yang berpotensi meningkatkan masalah privasi — dan di sinilah kita, melihat petunjuk itu menjadi kenyataan. Seperti yang saya tulis saat itu, “cara yang lebih mudah untuk memikirkannya adalah jika ada fungsi AI yang mungkin Anda anggap menyeramkan, Google menjalankannya di dalam APCC sehingga kekuatannya terbatas.”

Baca Juga  Cara Masuk Advance Server Free Fire 2021

Burke mengatakan Google juga telah “mengoptimalkan animasi dan menggambar ulang dan menambahkan algoritma deteksi gerakan yang digerakkan oleh ML.” Dia mengklaim itu akan mengurangi latensi putar otomatis sebesar 25 persen. Putar otomatis di Android secara historis cukup tersendat — dan sangat tidak konsisten di berbagai pabrikan — jadi semoga klaim ini akurat.

Sihir putar otomatis memang keren, tetapi fitur yang mungkin akan mendapatkan sorakan paling banyak dari pengguna Android adalah cara tingkat sistem yang konsisten untuk membuat tangkapan layar bergulir — alias tangkapan layar yang memungkinkan Anda mengambil lebih dari satu layar dalam satu gambar seperti di halaman web.

Android 12 memiliki sakelar baru yang memungkinkan Anda mematikan kamera atau mikrofon di tingkat sistem. Dengan Beta 3, sekarang administrator perusahaan yang bertanggung jawab atas telepon bisnis (atau pemerintah) Anda akan dapat mengontrol sakelar tersebut, mengunci Anda dari akses ke telepon tersebut jika itu sesuai untuk perangkat Anda.

Google juga mendorong pengembang untuk menggunakan mesin pencari di perangkat AppSearch baru baik di dalam aplikasi mereka maupun di seluruh ponsel. Pengembang akan dapat memilih dan memilih bagian mana dari aplikasi mereka yang diindeks untuk pencarian universal di seluruh perangkat atau di dalam aplikasi lain.

Google juga baru-baru ini mengumumkan bahwa Android 12 akan memungkinkan pengguna untuk mulai bermain game sebelum mereka selesai mengunduh. Dan seperti Beta 2, mungkin ada beberapa tweak yang lebih kecil dan tidak diumumkan yang belum terungkap. Beta 3 harus diluncurkan ke ponsel Pixel hari ini, bersama dengan segelintir perangkat dari Oppo, Realme, Sharp, OnePlus, dan lainnya (tetapi bukan Samsung, tentu saja).

Baca Juga  Universal Androot - Cara1001

Adapun rilis final Android 12, itu akan tiba di ponsel Pixel terlebih dahulu tetapi mungkin juga mengenai beberapa produsen tersebut sejak awal. Google telah meningkatkan irama rilisnya untuk pembaruan Android — tetapi tetap tidak akan pernah menyamai kecepatan yang Anda lihat di iOS.

Leave a Reply